Dosen FTKOM UNCP Beri Edukasi Gempa & Tsunami sekaligus menggalang dana untuk korban gempa Palu dan

Jumat, 12 Okt 2018, 14:06:58 WIB - 627 View
Dosen FTKOM UNCP  Beri Edukasi Gempa & Tsunami sekaligus menggalang dana untuk korban gempa Palu dan

Gempa Donggala yang telah merenggut nyawa ribuan jiwa manusia pada tanggal 28 oktober 2018 tepatnya hari jumat magrib. Membuat seluruh masyarakat indonesia berduka terlebih lagi masyarakat sulawesi. Gempa tersebut dirasakan hampir semua daratan sulawesi. Betapa dahsyatnya sampai menimbulkan tiga fenomena sekaligus yaitu Getaran gempa, tsunami & likuifaksi. Setalah diteliti ternyata faktor utama ada lempengan bumi Palu Koro yang mengalami pergeseran atau dalam istilah lainnya strike-slip. Beberapa waktu selang setelah bergesernya lempengan ini timbullah tsunami yang menyapu bangunan hingga roboh serta menyapu masyarakat yg bermukim di pinggir pantai & likuifaksi pun terjadi hampir bersamaan menelan seluruh bangunan serta penghuninya kedalam lumpur tanah. Situasi malam itu semakain mencekam, listrik & jaringan telekomunikasi semua terputus. Masyarakat yang selamat segera mengungsi kelereng lereng pegunungan untuk menyelematkan diri dari ancaman.

 

Bagaimana ini terjadi? Masyarakat terus bertanya & mencari tau apakah daerah masing2 juga berpotensi sama. Tanpa jawaban, masyarakat menjadi resah jika sewaktu waktu daerah tempatnya juga terjadi fenomena seperti demikian. Beberapa hari kemudian terjadilah gempa didaerah laut Kabupaten Sinjai yg dirasakan oleh beberapa daerah sekitar. Beritapun tersebar kemana mana. Tepat selasa dini hari warga Palopo dikejutkan adanya berita akan terjadi tsunami. Warga yg bermukim daerah pesisirpun panik & berhamburan keluar rumah. Lebih meyakinkan berita hoax ini juga mempengaruhi daerah Luwu. Sehingga saling meyakinkan bahwa tsunami betul akan terjadi. Mengungsilah sebagian warga ke tempat yg lehih tinggi. Daerah latuppa menjadi alternatif dan dapat di jangkau lebih cepat. Hingga pagi kemudian mereka kembali ke rumah masing2 & sadar bahwa berita tersebut adalah bohong belaka.

Efek domino akan fenomena alam ekstrim yg terjadi di Kota Palu membuat semua orang ketakutan. Sehingga penggiat ilmu Geologi & geografi berinisiatif untuk meberikan edukasi kepada masyarakat minimal civitas UNCP dalam mendeteksi akan terjadinya gempa, tsunami & likuifaksi. Serta memberikan edukasi tentang mitigasi bencana. Dengan harapan pengetahuan yg diperoleh bisa ditularkan ke warga sekitar minimal dalam lingkungan keluarga masing2. Agar berita hoax tidak serta merta dipercaya & menjadi panik. 

Konsep edukasi yg dilakukan delam bentuk "Kajian Gempa & Tsunami dlm perspektif geologi & geografi" sekaligus dimanfaatkan untuk menggalang donasi untuk korban gempa palu donggala. Pembicara atau narasumber dalam hal ini Feri Padli sebagai Dosen UNCP yang mengerti Geografi, Aryadi Nurfalaq yang mengerti geologi & Ichwan Muis sebagai penggiat Sosial yakni penanggulangan bencana. Merka berkolaborasi dalam memberikan pengetahuan kepada peserta kajian. Hasilnya menjadi lebih banyak yang mengerti dalam menyikapi setiap informasi bencana & mengambil sikap dalam penanggulangannya.
Wakil Dekan FTKom UNCP, Nirsal. S.Kom, M.Pd, memberi apresiasi kepada pelaksana & peserta yang di sampaikan secara lisan dalam sambutannya. Secara keseluruhan kita harus selalu berkarya minimal menyampaikan ilmu pengetahuan itu & meluruskan niat selalu untuk kemaslahatan ummat kemanusian.